Cara Bikin Paspor Bandung

Aku mau ceritain kisahku tentang pembuatan passport SENDIRI, ga pake calo 😀
Cerita ini akan membosankan, karena ga ada foto sama sekali 😀

Nah, aku baru bikin passport ne, tepatnya, 9 Desember 2016.
Bikin passport di Bandung ada 2 tempat :

Pusat  – Kantor Imigrasi Kelas 1 – Jl. Surapati, Bandung

Aku buat disini, karena deket sama rumah.
Cabang – Kantor Imigrasi Layanan Paspor
Jl. Soekarno Hatta (Gedung Bina Citra Lt. 3), Bandung
Persis di sebelah Bandung Convention Center

Kita ngomongi syarat dulu ya :
1. E-KTP asli dan copy (fotocopi di kertas A4 ato F4, jangan di potong)
2. Kartu keluarga asli dan copy
3. Akte lahir asli dan copy
4. Surat nikah / ijazah / surat baptis asli dan copy (cukup pilih salah satu)
5. Materai 1 buah untuk 1 paspor

Gampang banget ya syaratnya? Makanya di gedung ini penuh tanda “JANGAN PAKAI CALO”

Caranya pun gampang banget :
1. Datenglah sendiri ke kantor imigrasi, tidak boleh di wakilkan
2. Penuhi syarat-syarat diatas
3. Ambil nomor antrian
4. Isi form
5. Foto, sidik jari, wawancara
6. Bayar Rp. 355.000
Done! Proses 1-6 semuanya selesai dalam 1 hari!
Kembali 3 hari kerja kemudian untuk mengambil paspor.

Nulisnya gampang banget, faktanya ga begitu 😦

Bandung belum bisa E-Paspor. E-Paspor baru berlaku di Jakarta saja.
Tips wajib : Jika kamu mau buat paspor, luangkan waktu 1 hari penuh!

Aku 2x datang ke kantor imigrasi.
Kamisnya, aku ke kantor imigrasi sekitar jam 7 pagi.
Dan tidak dapat antrian lagi.
Karena Kantor Imigrasi di Soekarno Hatta ini,
hanya melayani 100 orang dewasa, 100 orang baby dan lansia diatas 65 tahun saja per harinya.
Dan antrian sudah ditutup jam 10 pagi.
Kata satpam, ya kalo mau nunggu silahkan, barang kali banyak yang pulang,
jadi banyak nomor kosong, tapi saya ga jamin. Kalo mau, besok dateng pagian.
Pagian jam berapa? Jam 4 pagi.
Akhirnya, saya nunggu sampe jam 10 pagi, dan ga dapet nomor antrian.

Dan benar, Jumatnya, aku dateng jam 4 pagi dan sudah ramai.
Katanya, desember ini karena mau libur, jadi banyak yang bikin paspor.

Sedikit terjadi keributan saat mengantri.
Aku datang jam 4 pagi, dan sudah ada 15 orang lebih yang berdiri di parkiran.
Padahal pager gedung saja belum buka.
Ada seorang ibu, berkata : ini ambil antrian.
Aku pun mengambil antrian, dan dapat nomor 19. Senangnya!

Matahari mulai naik, gedung dibuka jam 6.30 pagi.
Kami semua naik ke gedung dalam posisi barisan.
Sayangnya, ada orang yang lewat lift dan ada juga orang yang naik tangga darurat.

Dan ternyata, nomor antrian yang tadi aku ambil di parkiran itu adalah nomor yang peserta buat sendiri.
Sampai di lantai 3, pak satpam yang berbeda memberikan nomor antrian yang SAH.

Keributan terjadi karena jam 6 pagi, antrian sudah lebih dari 100 orang.
Dan satpam di lantai 3, berulang kali, kami jelaskan,
tolong di ganti dengan nomor yang sama, sesuai dengan nomor antrian dari satpam bawah,
satpam di lantai 3 tidak mau nurut, dia ngotot dengan pendiriannya sendiri,
karena menurut dia, dia tidak pernah menaruh nomor di satpam bawah,
dan menurut satpam lantai 3, nomor di satpam bawah itu sudah di bilang tidak boleh.
Walaupun, sudah kami jelaskan, ini tidak adil, karena kami datang jam 4 pagi, ada yang ga dapet antrian,
sedangkan yang dateng siang malah dapat nomor.
Berakhir dengan rusuh, orang-orang langsung menyerobot masuk, mengambil antrian.
Tadinya aku dapat nomor 19 dari antrian bawah, sekarang aku dapat nomor 39 dari satpam lantai 3.

Obrol punya obrol, Gedung Bina Citra ini, baru di bangun 3 tahun lalu.
Karena Kantor Imigrasi Pusat tidak bisa menampung orang-orang yang akan membuat paspor.
Lantai 1 terdapat cafe, Bank Mandiri dan Bank BNI.
Jadi tidak perlu kuatir lapar karena antrian panjang.
Pembayaran Rp 355.000 pun ga perlu jauh-jauh, karena di lantai 1 terdapat bank.
Lantai 3 pun terdapat tempat fotocopy dan jual materai,
jika kalian lupa fotocopy dan membawa materai jangan kuatir, ga perlu keluar gedung untuk membelinya.

Sekian cerita dari aku.
Yang penting sabar aja kalo mau buat paspor ya 😀
Semoga membantu ❤

3 thoughts on “Cara Bikin Paspor Bandung

  1. makasih mba sharenya dr kmrn mau bwt passport rada males2an ya krn denger kbr ini itu tp ya sudahlah kudu ke sana jg hicss

Leave a Reply

